Pemkot Metro Bina Kerja Sama Terkait WASH in HCF

31 views

Cyberlampung.com METRO — Kick Off Meeting Program Air, Sanitasi dan Kebersihan untuk Fasilitas Kesehatan Puskesmas Kota Metro, Walikota Metro Wahdi membuka acara ini terkait, Water Sanitation and Hygiene in Health Care Facilities (WASH in HCF) secara virtual, di Guest House Rumah Dinas , Rabu (14/07/2021).

Melalui program WASH in HCF yang dilakukan oleh Yayasan Konservasi Way Seputih dengan Pemerintah Kota Metro bisa menjadi kolaborasi yang baik selama 18 bulan. Dengan dukungan Simavi dan SNV diharapkan menjadi penguatan fasilitas air sanitasi dan kebersihan yang kondusif di Puskesmas Kota Metro.

Walikota Metro Wahdi, menyampaikan pada Kick Off Meeting dari WASH in HCF untuk fasilitas kesehatan Puskesmas Kota Metro.

“Puskesmas adalah garda terdepan. Tentunya kita harus menyiapkan pelayanan yang terbaik, terutama dalam pelayanannya harus diperbaiki. Hal ini terkait visi misi dalam program ini,” ujar Wahdi.

Lanjutnya, Wahdi mengatakan bahwa hingga saat ini, warga kita yang mencuci tangan menggunakan sabun hanya 10% dari 40% data saat ini. Sementara 60% lainnya warga acuh dalam kegiatan cuci tangan. Dengan ini OPD dan tempat fasilitas kesehatan, diimbau membuat tempat cuci tangan secara permanen.

“Terkait dengan 5 (lima) indikator WASH in HCF yaitu, akses air, sanitasi, kebersihan, pengelolaan sampah, dan kebersihan lingkungan di dalam dan di luar lingkungan Puskesmas. Saya minta Dinas Kesehatan Kota Metro, mampu mengendalikan sampah P3K, agar tidak berada lagi di lingkungan masyarakat,” tegas Wahdi.

Kepala Yayasan Konservasi Way Seputih Febrya Ekawati, menyampaikan terima kasih atas kolaborasi sinergi yang sudah terbangun saat ini. Karena yayasan kami pada tahun lalu telah berkolaborasi dengan beberapa pihak, guna membantu membuka akses air bersih dan sanitasi di Kota Metro.

Saat ini Puskesmas di Indonesia, belum ada yang mengakomodir kebutuhan khusus, seperti fasilitas air sanitasi dan kebersihan. Oleh karena itu, dengan adanya program ini Puskesmas dapat lebih baik dalam melayani masyarakat.(Advertorial)

Leave a Comment

Your email address will not be published.