Anna – Fritz Launcing Toko Jualanmbakanna.id

Anna – Fritz Launcing Toko Jualanmbakanna.id

6574 views

 

Cyberlampung-METRO – Calon Wali dan Wakil Wali Kota Metro, Anna Morinda – Fritz Akhmad Nuzir meluncurkan pasar digital bernama jualanmbakanna.id. Toko digital ini, merupakan salah satu dukungan untuk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Bumi Sai Wawai.

Anna Morinda mengatakan, toko jualanmbakanna.id ini merupakan gagasan dari pemuda Kota Metro yang ingin membantu UMKM di kota setempat yang terkendala modal, promosi, dan masa pandemi Covid-19.

“Jadi awalnya ini banyak yang endors saya untuk memasarkan produknya melalui media sosial. Lalu kepikiran bagaimana kalau kita buat toko online sendiri yang khusus untuk memasarkan produk-produk hasil karya masyarakat Metro. Kemudian saya ketemu dengan mas Candra Rivaldi ini dan munculah toko jualanmbakanna.id ini,” kata dia, usia peluncuran di D’javu Eatery, Sabtu (14/11/2020).

Dengan adanya pasar digital tersebut, pelaku UMKM di Kota Metro bisa memanfaatkan jualanmbakanna.id untuk memasarkan produknya ke luar kota bahkan hingga mancanegara.

“Kita ingin anak muda atau masyarakat Kota Metro yang punya bisnis konvensional bisa masuk ke toko jualanmbakanna.id. Kita berharap produk-produk ini tidak hanya dijual di Metro, tetapi luar daerah juga. Bahkan bisa ke antar negara,” terang Calon Walikota Perempuan pertama dan satu-satunya tersebut.

Peraih prestasi calon kepala daerah terbaik se-Indonesia dalam sekolah partai yang digelar PDI Perjuangan itu mencontohkan, dirinya memiliki teman yang tinggal di Barcelona dan Spanyol. Disana justru yang banyak dicari yakni olahan buah nangka, pepaya, dan juga pisang. Karena itu, melalui toko jualanmbakanna.id ini, masyarakat Metro yang punya usaha tersebut bisa menjual produknya hingga luar negeri.

“Di Metro produk seperti itu banyak. Nangka, pepaya dan pisang bisa dibuat keripik, asinan atau manisan. Dan kita bisa eksportir meskipun dalam jumlah yang tidak banyak melalui toko jualanmbakanna.id ini,” kata Anna.

Pemilik jargon solid bergerak itu memaparkan, toko jualanmbakanna.id ini bukan hanya untuk relawan atau pendukung Anna – Fritz. Namun, toko digital itu, terbuka bagi seluruh masyarakat Kota Metro.

“Mau siapapun silahkan mendaftar di jualanmbakanna.id ini. Urusan pilihan nanti di TPS. Terbuka untuk umum, asal mempunyai usaha di Kota Metro,” papar Calon Walikota Metro nomor urut 4 tersebut.

Dalam Kesempatan yang sama, Direktur toko digital jualanmbakanna.id, Candra Rivaldi mencertikan, munculnya gagasan pembuatan pasar digital ini lantaran dirinya ingin UMKM di Kota Metro yang terkendala pemasaran dan modal bisa tetap berproduksi.

“Saya sendiri sering turun dan menanyai beberapa UKM di Metro ini. Rata-rata mereka terkendala pemasaran dan modal. Apalagi saat ini masa pandemi. Dan saya ingin berbuat sesuatu agar UKM di Metro bisa lebih baik, dan kemudian difasilitasi oleh Mbak Anna,” ungkapnya.

Ia mengatakan, masyarakat Kota Metro yang mempunyai usaha apapun baik itu makanan, oleh-oleh, kerajinan, dan lainya bisa memasarkan produknya melalui toko jualanmbakanna.id ini.

“Apapun usahanya itu yang ada di Kota Metro berhak meletakkan di toko jualanmbakanna.id dan mendapatkan pelayanan yang sama. Tidak penting pendukung mana, tetapi bagaimana semua UKM bisa terlibat disini. Kita bergerak bersama bagaimana UKM di Metro ini supaya bisa lebih maju,” jelasnya.

Kedepan, kata dia, tim jualanmbakanna juga akan memberikan pelatihan kepada pelaku UKM di Metro bagaimana memasarkan produknya mulai dari pengemasan, promosi dan lainya.

“Jadi kita bareng-bareng belajar dan berperan disini. Nanti kami akan turun memdampingi UKM yang sudah ada di toko ini bagaimana nanti cara pengemasan yang baik, bagaimana membuat foto produknya supaya menarik dan tentu promosi melalui media sosial,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Korlap Tim UMKM jualanmbakanna.id, Fajar Eka Putri Asmarantaka mengatakan, saat ini sudah ada 120 UKM di Kota Metro yang sudah terdaftar di toko jualanmbakanna.id.

“Alhamdulillah meskipun toko ini baru tetapi sudah banyak yang terbantu dengan adanya toko jualanmbakanna ini. Rata-rata penjualanya semakin meningkat,” tuturnya.

Dikatakanya, tim dari jualanmbakanna.id akan turun langsung mendatangi pelaku UKM yang menjual produknya melalui konvensional. Terlebih, kepada pelaku usaha yang belum memahami tentang toko online.

“Tim akan merangkul UMKM di Metro untuk bergahung di toko jualanmbakanna.id ini. Datengin satu persatu ibu-ibu yang punya dagangan tapi tidak ada toko,” paparnya.

Ia menambahkan, pelaku UKM Kota Metro yang ingin mendaftar di toko jualanmbakanna.id bisa menghubungi nomor kontak yang sudah tertera di toko digital tersebut.

“Silahkan hubungi. Nanti kami akan turun untuk mendampingi. Sangat mudah untuk mendaftar. Jadi intinya kami ingin bagaimana produk UKM di Metro ini bisa banyak pembeli. Dan uang hasil penjualan itu langsung masuk ke rekening pemilik UKM itu,” tambahnya. (Rilis)

Leave a Comment

Your email address will not be published.