Peningkatan Mutu Pendidikan Jadi Jaminan Anna-Fritz

7679 views

cyberlampung.com-METRO – Calon Walikota dan Wakil Walikota Metro Anna Morinda dan Fritz Akhmad Nuzir akan berfokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Bumi Sai Wawai. Hal itu ditegaskan Anna saat dikonfirmasi media melalui sambungan telepon, Rabu (7/10/2020).

Selain SDM masyarakat, Anna-Fritz juga menjamin peningkatan mutu pendidikan jika dirinya mengemban amanah rakyat untuk memimpin Kota Metro kedepan. Pihaknya menargetkan peningkatan SDM dan mutu pendidikan itu tertuang dalam sembilan misi yang merupakan pijakan untuk mewujudkan masyarakat Kota Metro yang unggul, cerdas dan religius.

“Berorientasi kepada pembangunan sumber daya manusia dengan program aksi yang salah satunya yaitu meningkatkan mutu pendidikan formal, informal, dan non formal seperti Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Kursus. Dimana pemerintah melalui kementerian pendidikan sudah sangat perhatian dan merasa metro sangat potensial dan bermutu bagus namun pemerintah daerah belum banyak hadir didalam pendidikan itu, maka ini yang akan menjadi salah satu fokus Anna-Fritz kedepannya,” terang Anna Morinda.

Calon Walikota Perempuan pertama dan satu-satunya tersebut juga menerangkan bahwa peningkatan mutu pendidikan formal, informal, dan non formal setelah program pembangunan pendidikan di bidang insfrastruktur dirasa cukup memadai sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM), maka untuk lima tahun ke depan pembangunan bidang pendidikan fokus pada peningkatan dan pemetaan kompetensi guru dan siswa.

“Dibidang pendidikan formal, Anna-Fritz akan tingkatkan kompetensi guru SD dan SMP termasuk literasi digital. Kemudian pengembangan pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), selanjutnya pengembangan literasi keagamaan siswa SD dan SMP, peningkatan literasi Pendidikan Dasar, pemenuhan kebutuhan Tenaga Pendidik (guru), Pendampingan pelaksanaan Wajib Belajar 12 tahun bagi warga masyarakat Kota Metro dan penyelenggaraan even-even Pendidikan berskala nasional dan internasional,” bebernya.

Sementara, calon Wakil Walikota Metro Fritz Akhmad Nuzir saat dikonfirmasi media melalui sambungan telepon menambahkan, pihaknya juga akan berfokus pada peningkatan pendidikan Non-Formal.

“Penataan kelembagaan pendidikan non formal, memfasilitasi standardisasi lulusan dalam mendapatkan sertifikasi profesi kemudian memberikan pendampingan dalam peningkatan kinerja lembaga pendidikan,” kata Fritz.

Pria lulusan University of Kitakyushu Jepang itu juga menerangkan target peningkatan pendidikan Informal yang didalamnya terdapat 4 sasaran yang bakal dikerjakan Anna-Fritz jika terpilih dan dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Metro.

“Anna-Fritz akan menyusun program dan kegiatan pendidikan keluarga, kemudian program pelatihan pendidikan berbasis keluarga di tiap kecamatan, selanjutnya implementasi pendidikan keluarga yang melibatkan kaum perempuan dan terakhir Implementasi budaya belajar masyarakat melalui jam belajar masyarakat,” tandasnya. (Rilis)

Leave a Comment

Your email address will not be published.