Pemkot Metro Segera Terapkan Sanksi Pelanggar Prokes

18 views

Cyberlampung.com METROРWarga Kota Metro harus menggunakan masker dan tidak berkerumun jika beraktivitas di luar rumah. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro dalam waktu dekat akan menerapkan sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

Wali Kota Metro Achmad Pairin mengatakan, sanksi yang diberikan berlaku bagi semua pelanggar, tanpa terkecuali.

“Nanti tim Covid-19 yang diketuai Kepala Satuan Pol-PP yang menegakkan peraturan penangan protokol kesehatan,” kata Achmad Pairin, Selasa (15/9/2020).

Menurut dia, penerapan sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan mengacu pada Peraturan Walikota (Perwali) Metro Nomor: 39 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19.

“Perwali ini dibuat supaya semuanya mematuhi protokol kesehatan. Selain itu supaya tertib dengan adanya peraturan ini,” tegasnya.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Metro Ika Puspa Rini menjelaskan, ada berbagai maacam bentuk sanksi untuk pelanggar protokol kesehatan: menyanyikan lagu Indonesia Raya, menghafal Pancasila, dan membersihkan tempat umum.

“Pelanggar protokol kesehatan akan diberi sanksi membersihkan fasilitas umum. Ada juga sanksi lainnya,” kata Ika.

Dia berharap, setelah dilakukan sosialisasi terkait Perwali Nomor: 39 tahun 2020 , masyarakat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19. (Adv)

Leave a Comment

Your email address will not be published.