Komisi V DPRD Lampung, Dukung Bungker Jepang Bisa Jadi Objek Wisata Sejarah

30 views

Cyberlampung.com BANDAR LAMPUNG – Komisi V DPRD Lampung mendorong agar bungker dan goa peninggalan Jepang di Tanggamus dan Bandar Lampung bisa menjadi cagar budaya.

Tak hanya itu, bungker dan goa Jepang juga bisa menjadi objek wisata sejarah.

Anggota Komisi V DPRD Lampung Apriliati menjelaskan, sepanjang bungker dan goa Jepang memenuhi kriteria sebagai cagar budaya, pihaknya mendukung upaya pengusulannya menjadi cagar budaya.

“Untuk menentukan suatu objek masuk sebagai cagar budaya, tentu ada kriteria-kriterianya. Sepanjang memenuhi kriteria dan ke depannya menguntungkan bagi suatu daerah, saya pikir bisa saja menjadi cagar budaya,” ujarnya, Sabtu (22/8/2020).

Apriliati menilai bungker dan goa di Kabupaten Tanggamus maupun Kota Bandar Lampung bahkan berpotensi menjadi objek wisata sejarah.

Apalagi, Lampung memang termasuk daerah tujuan wisata.

“Tidak menutup kemungkinan bungker peninggalan Jepang menjadi objek wisata sejarah untuk turis domestik maupun mancanegara,” kata ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD Lampung ini.

Terlebih jika terkait pendidikan dan kebudayaan, Apriliati menyebut bungker bisa menjadi bahan atau rujukan pembelajaran siswa dan mahasiswa sebagai situs bersejarah.

DPRD Lampung pun, menurut Apriliati, siap mendukung dalam bentuk usulan rancangan peraturan daerah jika memang mendesak.

“Kalaupun misalnya mesti dengan peraturan daerah, kami siap untuk mengacu ke arah sana,” ujarnya. (Red)

Leave a Comment

Your email address will not be published.