KPUD Mesuji Temukan 7.938 Surat Suara Rusak Usai Proses Pelipatan

204 views

Cyberlampung.com MESUJI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji, telah selesai melakukan proses sortir dan pelipatan Surat Suara Pemilu Serentak 2019, dan banyak di dapati Surat Suara yang rusak, baik kertas Suara Pilpres maupun kertas suara pemilihan legislatif pusat hingga daerah di temukan kerusakan.

Ketua KPU Mesuji Ali Yasir mengatakan dalam proses sortir dan pelipatan surat suara ditemukan sebanyak 7.938 lembar surat suara yang rusak.

“Dari 7.938 lembar surat suara yang rusak tersebut diakibatkan karena adanya lelehan tinta pada lembaran surat suara,” kata Ali pada wartawan Kamis (28/02).

Selain itu kerusakan lain, terdapat tanda titik pada kolom nama calon dan pada logo partai politik, terdapat lembaran surat suara yang robek dan berlobang, dan terjadi perubahan warna pada lembaran surat suara.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Acing itu menjelaskan, bahwa kerusakan surat suara secara rinci yakni surat suara presiden yang rusak sebanyak 233 lembar, DPR RI sebanyak 498 lembar, DPRD Provinsi Lampung sebanyak 1.443 lembar, DPRD Kabupaten dari Dapil 1 sampai Dapil 5 sebanyak 5.611lembar, ucapnya.

Menurutnya, atas hasil temuan surat suara yang rusak tersebut, KPU Kabupaten Mesuji akan melaporkan ke KPU Provinsi untuk diteruskan ke KPU RI “Hasil temuan ini akan kita laporkan ke KPU provinsi, supaya diteruskan ke KPU Pusat,”jelasnya.(Agung).

Leave a Comment

Your email address will not be published.